Produsen perangkat listrik Jung menampilkan instalasi teknologi pencahayaan dan otomatisasi di resor dan hotel mewah di Bali.

Jung Asia Pte Ltd, anak perusahaan Albrecht Jung GmbH & Co.KG, produsen perangkat listrik asal Jerman, menampilkan instalasi teknologi state-of-the-art di berbagai resor dan hotel mewah di Bali. Sejumlah media dari Indonesia dan Singapura (salah satunya HousingEstate melalui fotografer Susilo Waluyo) akhir November 2014 diundang mengunjungi tiga hotel dan resor yang menggunakan teknologi Jung itu: Alila Villas Soori, The Stones Hotel, dan W Retreat & Spa.

Di luar itu sudah banyak gedung dan perumahan (real estate) yang menggunakan produk dan solusi Jung. Sebutlah Hotel Bvlgari (Bali), Hotel Mulia (Jakarta), perumahan Alam Sutera (Tangerang) dan Bona Indah Garden (Jakarta), apartemen Pakubuwono Residence dan Simprug Terrace (Jakarta), serta gedung BNI (Jakarta) dan BBD Tower (Surabaya).

Jung berpengalaman sebagai spesialis saklar dan sistem instalasi listrik untuk rumah, kantor, hotel dan ruang komersial, selama lebih dari 100 tahun. Misinya, menyediakan produk canggih yang memenuhi persyaratan variasi, desain, estetika, dan fungsi, serta mudah digunakan dan dikelola. Apalagi, permintaan aplikasi rumah pintar (smart home) dan sistem berbasis IP (Internet Protocol) diprediksi terus meningkat terutama di Asia. Bahkan, di masa mendatang akan menjadi persyaratan standar di pasar pencahayaan, listrik, dan otomatisasi yang fokus pada kenyamanan selain manfaat praktis.

“Sebagai tamu hotel saya selalu berharap mendapatkan kenyamanan dan relaksasi,” kata Clement Koh, General Manager Jung Asia. Jorg Thormann, Area Manager Ekspor, Albercht Jung GmbH & Co KG, menyebutkan, pasar Jerman dan Asia condong ke arah penghematan dan keberlanjutan energi. “Jung berkontribusi pada inovasi dan teknologi, salah satunya dengan mitra kami di bisnis perhotelan,” ujarnya.

1.

Sistem Otomatisasi

Sistem Jung dapat diintegrasikan dengan manajemen gedung seperti hotel dan bangunan komersial. Jung menerapkan jaringan saklar yang cerdas dan sistem yang memadukan berbagai fungsi yang memungkinkan kontrol dilakukan secara kohesif. Produknya terdiri dari saklar dan soket dengan desain abadi dan elegan dari bahan berkualitas tinggi dalam berbagai seri tampilan dan fungsi, termasuk switching, peredupan, kontrol tirai (blind), AC , telepon dan koneksi kabel broad band, TV, serta koneksi sinyal satelit.


2.

KNX System - The Home Smart Solution

Salah satu sistem otomatisasi Jung ini menggabungkan semua fasilitas bangunan dan fungsi multimedia. Dapat dipasang pada hunian pribadi atau komersial. Sistem menyediakan platform kontrol yang homogen dan terintegrasi di seluruh bangunan melalui pengoperasian yang standar, sederhana, dan mudah, melalui sentuhan tombol, panel sentuh, atau aplikasi mobile pada iOS atau Android. Mulai dari mengontrol sistem pencahayaan, blinds dan shutter, pemanasan, ventilasi, AC, alarm dan keamanan, pompa dan motornya, sampai jendela dan kontak pada pintu.


3.

Door Communication Management (DCM)

Ini sistem interkom untuk rumah dan gedung apartemen, berupa kemudahan dan kenyamanan sistem komunikasi pada pintu dengan desain dan operasi yang inovatif dan intuitif. DCM dapat disesuaikan dengan karakteristik individu yang meliputi solusi software dan kontrolmobile.


4.

ENet dan Sistem Manajemen Radio

Solusi nirkabel untuk pengoperasian penerangan, pemanasan dan tirai ini sangat fleksibel, efisien, ekonomis, dan mudah. Sistem memungkinkan pengendalian kontrol terpadu pada berbagai pengaturan atau mood melalui sentuhan tombol, dan menyediakan fasilitas monitor komponen dan perangkat yang aman. Komponen sistem terhubung melalui frekuensi radio dan mudah dikombinasikan dengan sistem lain yang sudah ada. Contoh, peralihan dan peredupan cahaya di rumah, memindahkan tirai, membuka dan menutup pintu garasi, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Kontrol dan operasi eNet dicapai dengan panel gateway IP yang dapat dihubungkan dengan hingga limasmart phone secara paralel. Sistem juga mengitegrasikan eNet sensor energi yang mengukur konsumsi sekaligus memberitahu potensi penghematan energi.