Keamanan di kamar mandi harusnya menjadi perhatian kita sebelum mendesain ruangan lainnya. Pasalnya, kamar mandi tak hanya ruang yang biasa kita gunakan sehari-hari, melainkan tempat yang sangat privat.

Namun, karena sebagian dari kita masih abai, tak jarang kejadian kecelakan terjadi di kamar mandi. Bahkan, di Amerika Serikat, sekitar 235.000 penduduknya berakhir di Instalasi Gawat Darurat karena mengalami kecelakaan di kamar mandi.

Hal ini membuat kamar mandi menjadi ruang paling berbahaya. Lantas, adakah cara membuat kamar mandi menjadi jauh lebih aman?

Terdapat lima langkah mudah untuk membuat kamar mandi Anda menjadi lebih aman. Pertama-tama, mulailah dengan mengunci barang-barang elektroik. Semakin modern kamar mandi di rumah Anda, biasanya semakin banyak peralatan elektronik yang ditempatkan di ruang tersebut. Pengering, pencukur rambut, dan peralatan lainnya lebih aman jika ditempatkan di ruang khusus dan jauh dari bak mandi.

Langkah kedua, pastikan Anda menggunakan stiker antilicin di bagian dasar bathtub dan pancuran. Stiker ini menjaga dan mengurangi risiko pengguna kamar mandi tergelincir di dalam ruang tersebut. Ada berbagai macam pilihan bentuk dan warna. Jadi, Anda bisa memilih bentuk yang paling cocok untuk kamar mandi khusus anak atau kamar mandi orang dewasa.

Langkah ketiga, berhati-hatilah dalam penggunaan keset. Keset bisa menjadi penyebab Anda tergelincir di kamar mandi. Namun, keset yang empuk pun bisa membuat lantai kamar mandi lebih hangat di tengah malam, membuat lantai kamar mandi lebih empuk ketika Anda terjatuh, serta mengeringkan air di kaki agar air tidak perlu menggenangi kamar mandi.

Keempat, berhati-hatilah dalam penggunaan pemanas air. Cobalah agar pemanas air tidak melebihi 120 derajat Farenheit atau 48,9 derajat Celcius. Hal ini penting, terlebih jika ada anak kecil di rumah Anda. Selain menjadi lebih aman, temperatur lebih rendah pun menghemat energi yang diperlukan.

Kelima, sediakan lampu darurat di dalam kamar mandi. Lampu darurat memudahkan Anda menggunakan kamar mandi di saat-saat darurat tanpa aliran listrik. Anda juga bisa menggunakan lampu malam electroluminescent, yang tidak perlu diganti. Lampu ini membuat perjalanan ke kamar mandi di tengah malam lebih aman.


Related Post