Tak terasa hari raya Idul Fitri yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia akan tiba sebentar lagi. Menyambut lebaran, tak jarang banyak orang yang menyempatkan diri untuk menata ulang atau mendekorasi ulang rumahnya.

Pengaturan ulang tata letak rumah untuk lebaran ini dilakukan lantaran pada saat hari tersebut tiba, akan banyak sanak saudara, tetangga, sahabat baik, atau kolega yang datang ke rumah. Tentunya sebagai tuan rumah, Anda ingin menampilkan sisi terbaik dari rumah Anda, khususnya pada bagian ruang tamu dan ruang makan.

Saat ini ada banyak referensi dekorasi rumah yang bisa didapatkan, baik dari majalah atau internet. Cara ini bisa dijadikan acuan untuk mencari inspirasi penataan rumah yang sesuai untuk menyambut tamu pada saat lebaran.

Namun bagi Anda yang tida memiliki banyak waktu tetapi tetap ingin memberikan kesan “wah” pada tamu yang datang pada saat Idul Fitri, tim Rumahku punya sejumlah tips praktis yang bisa Anda ikuti. Berikut penjelasan selengkapnya!

1.

Tambahkan Bunga Segar

Perayaan dengan bunga yang segar akan menambah semarak suasana ruangan di rumah. Letakan vas bunga berisi bunga segar yang baru dibeli di sudut-sudut rumah, pilihlah bunga dengan warna cerah dan menimbulkan wewangian yang segar seperti mawar, gerbera (herbras), dan lily. Simpan di ruang tamu dan ruang makan. Selain cantik dan memperindah ruangan, bunga juga dapat menimbulkan mood yang baik untuk merayakan hari besar seperti Idul Fitri.


2.

Toples Cantik

Mungkin kelihatannya biasa-biasa saja, namun menghadirkan toples dengan bentuk dan warna yang unik dapat memberikan kesan ruangan yang berbeda, bahkan toples yang berbentuk unik bisa menjadi fokus ruangan yang khas. Hiasi coffee table di ruang tamu dengan berbagai toples cantik yang Anda miliki. Tamu di rumah bisa mencicipi kue kering yang enak sambil memanjakan mata dengan toples cantik yang Anda miliki.


3.

Ubah 'Layout' Ruangan

Menjadikan sebuah ruangan tampak baru di rumah tak selalu dengan mengecatnya dengan warna yang berbeda, mengatur ulang tata letak sofa, lemari, lukisan yang ada di ruang tamu atau ruang makan bisa memberi kesan fresh pada ruangan pada saat lebaran. Cara ini pun bisa menghilangkan kebosanan pada suatu ruang setelah tidak diubah sekian lama. Bisa juga dengan menambah sticker pada dinding atau mengubah susunan pigura foto yang ada pada tembok.